eJournal Hubungan Internasional

Fisip Universitas Mulawarman
Kampus

PERAN JOGYA EKSPOR EXPO (JEE) DALAM MENINGKATKAN EKSPOR INDUSTRI KERAJINAN JOGYA DI PASAR INTERNASIONAL (TENNY NOVIANI PATRIA)

Submitted by: ,
On: Jun 1, 2013 @ 2:01 AM
IP: 125.160.65.211

  • Judul artikel eJournal: PERAN JOGYA EKSPOR EXPO (JEE) DALAM MENINGKATKAN EKSPOR INDUSTRI KERAJINAN JOGYA DI PASAR INTERNASIONAL
  • Pengarang (nama mhs): TENNY NOVIANI PATRIA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran Yogya Ekspor Expo (JEE) dalam meningkatkan ekspor industri kerajinan Gerabah ke pasar Internasional. Tujuan Penelitian untuk melihat dan memberikan deskripsi mengenai peran JEE dalam meningkatkan Ekspor kerajinan Jogya. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran Jogja Ekspor Expo (JEE) Dalam Meningkatkan Ekspor industri Kerajinan Jogja di Pasar Internasional.Hasil penelitian penulis adalah Yogyakarta sebagai kota yang akan diteliti karena mengalami kenaikan signifikan sejak tahun 2009, sejak tahun 2002 daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 2.4 juta dollar Amerika Serikat (AS) untuk Ekspor, dengan tujuan negara utama yaitu Amerika dan Australia, sedangkan ditahun 2010 terdapat kenaikan hingga 12.9 juta dollar Amerika Serikat (AS) dikarenakan meluasnya lagi pasar ekspor dari 2 negara tujuan utama menjadi 5 negara tujuan utama yaitu, Amerika Serikat, Australia, Cina, India dan Kanada Jogja Export Expo (JEE) merupakan Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi DIY, bekerjasama dengan Kamar Dagang&Industri Provinsi DIY, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi DIY, serta Elemen Swasta lainnya.

    Dengan adanya Pameran JEE ini maka merupakan peluang bisnis bagi UKM Gerabah, yang mana dapat meningkatkan taraf ekonomi anggotanya. Hasil kerajinan koperasi & UKM di DIY salah satunya adalah Gerabah yang memiliki harga yang cukup tinggi. Produk – produk hand made tersebut memiliki pangsa pasar tersendiri dan diharapkan mendapat perhatian pembeli dari mancanegara.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Jogya Expo Ekspor (JEE), Kerajinan Keramik Yogyakarta
  • NIM: 06.5608508311.02
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2006
  • Program Studi: Ilmu Hubungan Internasional
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Rahma Daniah, S.IP,M.Si & Andi Purnawarman,S.Sos,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Hubungan Internasional
  • Volume: 1
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal-HI tenny (06-01-13-02-01-03).docx (54 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal-HI tenny (06-01-13-02-01-03).pdf (468 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email